Depok (ANTARA News) - Pusat perbelanjaann Depok Town Square (Detos) dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-62 Republik Indonesia sekaligus guna memupuk rasa cinta terhadap hewan peliharaan, melakukan kegiatan festival kucing kesayangan, yang digelar pada Minggu sore.

"Semua kucing peliharaan tanpa kecuali bisa ikut festival kucing tersbut," kata Ketua Panitia Festival Kucing, Yulian Susanty, di Detos, Minggu sore.

Ia mengatakan, baik kucing yang berjenis anggora, persia, maine conne (Eropa), atau kucing biasa, dapat mengikuti festival kucing tersebut.

Dalam festival tersebut diperlombakan kucing ras, campuran dan lokal, lomba kompetisi ketangkasan kucing, lomba keserasian berbusana antara pemilik dan kucing kesayangannya, lomba foto ekspresi kucing dan pemiliknya, dan lomba menghias kandang kucing.

Untuk lomba ketangkasan kucing, kata dia, kucing mempertontonkan kebolehannya melakukan slalom (jalan dengan zik-zak), jumping (lompat), melintas terowongan, lompat hambatan, melintasi titian, dan lainnya.

Peminat lomba festival kucing terlihat sangat antusias, dan tampak dari para pemilik kucing kesayangan yang memadati Detos.

Untuk perlombaan menghias kandang kucing diikuti 20 perserta, kontes kucing diikuti 30 ekor, ketangkasan diikuti 10 ekor dan foto lima ekor, serta "fashion" diikuti dua ekor.

Yulian Susanty mengatakan, festival kucing tersebut akan menjadi ajang sosialisasi antara para penyayang kucing sehingga diharapkan dapat saling berkomunikasi mengenai bagaimana cara terbaik merawat kucing.

"Mereka dapat saling bertukar pengalaman bagaimana merawat kucing-kucing tersebut," katanya.

Bagi para pemenang festival kucing akan mendapatkan hadiah berupa sertikat, piala, sejumlah makanan kucing dan hadiah lainnya.

Selain mengadakan festival kucing, Detos juga mendatangkan artis terkenal, Pingkan Mambo pada Sabtu (11/8) untuk memeriahkan perayaan HUT RI ke-62.

Suasana Detos saat ini tampak meriah dengan dominasi warna merah putih disetiap sudut. Suasana pada hari Sabtu juga terlihat ramai dengan para penonton.

"Saya sangat senang bisa menghibur warga Depok," kata Pinkan Mambo, saat pertama kali menggebrak panggung di Detos.

Pinkan yang mengaku baru pertama kali manggung di Depok tersebut, langsung menyanyikan lagu Kasmaran dan lagu Chrisye dengan judul Cinta Kita.

Dengan aksi panggungnya yang memikat, mantan personil duo Ratu itu mampu membuat para pengunjung Detos terpesona, apalagi setelah Pingkan yang mengenakan busana merah muda dan rok mini tersebut, memanggil seorang pengunjung pria ke panggung untuk berjoget sekaligus berpelukan bersamanya.

"Wah, saya juga mau tuh kalau begitu sih," kata seorang pengunjung pria, ketika melihat Pingkan memeluk salah seorang pengunjung. (*)