Jenis Kucing

Kucing Cymric


Sejarah

Cymric adalah versi bulu panjang dari ras Manx. Cymric dan Manx berasal dari pulau kecil yang berada di laut antara Inggris dan Irlandia. Banyak orang menduga Cymric merupakan persilangan antara Manx dengan Persia yang terjadi sekitar tahun 30-40 an. Sementara itu banyak juga yang berpendapat bahwa Cymric bukan merupakan hasil persilangan.

Perkembangan Cymric dimulai pada tahun 1960. Dua orang peternak kucing bernama Blair Wright (Kanada) dan Leslie Falteisek (Amerika) memutuskan untuk mengembangbiakkan kucing manx yang berbulu panjang. Mereka juga yang kemudian menyempurnakan standar dan sifat-sifat genetik Cymric.
Awalnya ras ini bernama Longhaired Manx, kemudian diubah menjadi Cymric sekitar tahun 1989-1990. Cymric (dibaca kim rik atau kum rik) sendiri sebenarnya berarti wales (Inggris).



Cymric
Karakteristik

Bentuk dan anatomi Cymric identik dengan Manx, kecuali panjang bulunya. Menurut beberapa sumber, Cymric mirip dengan anjing, suka menggeram terhadap gangguan yang tidak disukainya. Cymric juga suka megikuti dan mengelilingi pemiliknya. Hal menarik lainnya, yaitu ketertarikan kucing ini terhadap benda yang bersinar. Jadi hati-hati dengan perhiasan anda !

Cymric

Cymric

Cymric 

 -------------------------------------------------------------------------- 
 

Mengenal Raas, Kucing Asli Indonesia

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.


Tidak banyak yang mengetahui bahwa dari jumlah 1% tersebut,
Indonesiamemiliki kucing trah asli Indonesia yang hidup dan berkembang biak di Madura, tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Raas yang terletak di sebelah timur pulau Madura

Kucing Raas ini mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai leopard dalam ukuran kucing. Saat ini telah diketahui dua warna yang sering terdapat pada kucing raas, yaitu : buso dan kecubung. Buso adalah bahasa setempat untuk warna abu-abu (blue) seperti yang terdapat pada ras rusian blue atau british shorthair. Sedangkan kecubung adalah istilah setempat yang diberikan bagi kucing yang berwarna coklat.

Adat istiadat dan kepercayaan setempat turut mendukung kemurnian ras kucing ini. Kucing ini ternyata merupakan komoditi penting bagi pejabat maupun pemuka di daerah, karena mempunyai arti dan nilai khusus.

Perkembangbiakannya hanya terjadi di pulau Raas dan sangat dilindungi oleh penduduk setempat. Hanya kucing jantan yang telah dikebiri yang diizinkan untuk dibawa keluar pulau. Kelahiran anak kucing warna abu-abu selalu dinantikan untuk diberikan sebagai hadiah kepada orang-orang tertentu ataupun penyayang kucing karena memang sangat diminati.

Dengan adanya perlakuan khusus dari penduduk setempat dalam hal penyebarannya keluar pulau Raas, kemungkinan besar tidak akan terjadi perkembangbiakannya atau persilangan dengan kucing lain ditempat yang baru. Tetapi perkembanganbiakan yang terjadi di pulau Raas itu sendiri belum dapat dipastikan, karena diduga terjadi secara alami tanpa adanya pengawasan atau perlakuan khusus dalam pembiakannya. Diperlukan program pengembangbiakan kucing yang ketat dan terencana untuk menghilangkan atau meminimalkan cacat genetik sekaligus menstabilkan sifat-sifat genetik yang merupakan ciri khas.
Kita berharap semoga kucing Ra’as ini akan menjadi kucing ras asli Indonesia yang bersertifikasi. 

------------------------------------------------------------ 

Bobcat, si Kucing Bertanduk


Bobcat (Lynx rufus sering disebut juga felis rufus ) adalah spesies kucing liar yang hidup di Amerika bagian utara. Kucing ini banyak ditemukan di Amerika serikat bagian utara, bagian selatan Kanada dan Meksiko bagian utara.
Bobcat adalah hewan yang beradaptasi terhadap habitat berupa pepohonan, semi gurun pasir, rawa-rawa dan pingiran perkotaan. Mereka mempunyai daerah jelajah dan kekuasaan yang berganti-ganti sesuai musim. Derah kekuasaanya ditandai dengan bekas cakaran di batang pohon, deposit kotoran dan kencing.
bobcat, kucing liar amerika
Kucing liar bobcat mempunyai tanda berupa lingkaran hitam di kaki depan dan ekor. Telinga mereka besar dihiasi bulu-bulu di bagian belakang telinga yang menyerupai antena. Bulu-bulu ini berhubungan dengan tingkat pendengaran mereka yang sangat sensitif.

Warna bulu bervariasi tergantung musim, umumnya berwarna abu-abu muda hingga coklat muda dihiasi spot hitam diseluruh tubuh. Bobcat mempunyai tubuh besar, sekitar 2 kali kucing rumahan. Tetapi lebih kecil bila dibandingkan Lynx yang berasal dari Kanada. Bobcat jantan dewasa mempunyai panjang badan sekitar 70-120 (rata-rata 90) cm dan berat 8-15 Kg, dengan panjang ekor kurang lebih 15 cm. Kucing jantan biasanya lebih besar dari kucing betina.
bobcat, kucing liar amerika
Macan kumbang, meskipun berwarna hitam, tapi masih terlihat pola spot hitamnya. Bobcat berwarna hitam juga pernah ditangkap di Florida. Seperti macan kumbang, bila diperhatikan dari dekat, warnanya tidak hitam murni tetapi masih terlihat adanya titik/spot berwarna hitam dengan intensitas yang berbeda.

Seperti kucing liar lainnya, Bobcat adalah karnivora sejati dengan mangsa beragam mulai dari serangga, tikus hutan, kelinci hingga rusa yang berukuran besar. Musim kawin bobcat terjadi pada akhir musim dingin hingga musim semi, dengan masa kebuntingan sekitar 2 bulan.
bobcat,kucing liar amerika
Pada saat lahir anak bobcat mempunyai panjang sekitar 25 cm dab berat 2.8 - 3 ons. Ketika berumur 1 tahun beratnya bisa mencapai 4.5 kg. Bobcat adalah pemanjat yang baik dan dapat berenang bila memang terpaksa.
Setidaknya ada sekitar 9 subspesies Lynx yang sudah teridentifikasi, salah satunya adalah Lynx Kanada (Lynx rufus gigas) yang berukuran paling besar. 

----------------------------------------------------------------- 

Japanese Bobtail




Sejarah
Japanese Bobtail adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara alamiah. Sesuai namanya, ras kucing dengan ekor pendek (bobtail) ini berasal dari Jepang. Ras kucing ini telah ada selama beberapa abad. Kucing-kucing ini banyak disebutkan dan digambarkan dalam berbagai dokumen kuno yang berasal dari Jepang.

Berbagai cerita, legenda dan mitos berhubungan dengan ras ini. Salah satu wujud ras ini  yang terkenal adalah "Maneki Neko". Digambarkan sebagai kucing Japanese bobtail yang sedang duduk dengan salah satu kaki depan terangkat. Pose kucing ini sangat terkenal, merupakan perlambang "keberuntungan" dan "selamat datang". Patung kucing atau boneka dengan posisi tersebut, bahkan dengan tangan yang bergerak seolah melambai-lambai banyak ditemukan di toko-toko yang dimiliki oleh orang tionghoa.
 
Maneki neko
Maneki neko, kucing simbol keberuntungan

Moyang kucing bobtail, pertama dibawa ke Jepang dari Asia tenggara, sekitar 1000 tahun lalu. Disebutkan juga kucing-kucing tersebut digunakan oleh para petani & pembuat sutera dari jepang untuk menjaga pertanian mereka dari serangan hama tikus.
Ketertarikan orang terhadap kucing ini sebagai satu ras tersendiri, dimulai setelah perang dunia II. Orang-orang Amerika yang tinggal di Jepang banyak memelihara kucing bobtail ini sebagai hewan kesayangan dirumah mereka.
Sepasang kucing japanese bobtail yang tercatat resmi dalam program pengembangbiakkan pada tahun 1968, adalah kucing jantan warna putih bernama Richard dan betina tiga warna bernama Madame Butterfly.

Pada tahun 1971, Japanese Bobtail mendapat status provisi dari Cat Fanciers Association (CFA). Baru pada tahun 1976 bisa dikompetisikan dalam suatu cat show. Ras ini juga mempunyai versi bulu panjang (longhair). Versi longhair Japanese Bobtail baru mendapatkan persetujuan untuk Kompetisi dari CFA pada tahun 1993.

Japanese Bobtail
Japanese Bobtail, shorthair
Karakteristik
Japanese Bobtailadalah kucing berukuran medium, dan badan berotot. Ciri khas ras ini adalah ekornya yang pendek seperti ekor kelinci dan sudut-sudut wajah kaku serta tulang pipi menonjol. Telinga lebar, mata berbentuk oval dan hidung lurus.
 
Ekor kucing japanese bobtail berbeda dengan kucing manx yang sama sekali tidak mempunyai ekor. Ekor japanese bobtail ini bisa melingkar atau bengkok. Bisa fleksibel tapi ada juga yang kaku. Faktor genetik yang mempengaruhi ekor japanese bobtail berbeda dengan yang mempengaruhi ekor pada manx.
Para ahli menyatakan bobtail bersifat gen resesif. Artinya, bobtail hanya bisa dihasilkan dari perkawinan dua kucing bobtail.
Japanese Bobtail
Japanese Bobtail, longhair
Temperamen
Japanese bobtail termasuk kucing yang aktif dan cerdas. Kucing ini sangat suka berada disekitar pemiliknya dan mudah beradaptasi dengan anak-anak atau hewan lain.
Ras ini juga mempunyai versi bulu panjang (sei longhair). Baik bulu pendek atau panjang mempunyai tekstur yang halus dan tidak memerlukan penyisiran setiap hari. Kucing ini juga mempunyai warna dan pola warna yang bermacam-macam. Yang cukup sering ditemui adalah tiga warna (tri-color). Warna ini  dipercaya merupakan warna keberuntungan.

Japanese Bobtail
Japanese bobtail, shorthair

japanese bobtail
Japanese bobtail, longhair 
----------------------------------------------------------------------- 

Kucing Birman, Salah Satu Kucing Tercantik di Dunia



Sejarah
Berabad-abad lalu orang-orang Khmer di Birma membuat kuil Lao-Tsun sebagai tempat memuja dewi dengan mata biru safir yang bernama Tsun-Kyan-Kse. Seorang pendeta bernama Mun-ha sering berlutut  untuk bermeditasi di depan patung emas dewi tersebut bersama seekor kucing putih bernama Sinh. Pada suatu ketika perampok menyerang kuil tersebut dan akibatnya Mun-Ha terbunuh.

Setelah Mun-Ha meninggal terbunuh, Sinh meletakan kakinya di atas tubuh tuannya dan menghadap patung dewi Tsun-Kyan-Kse. Kemudian bulu putihnya berubah warna menjadi keemasan dan mata kuningnya berubah menjadi biru seperti mata dewi Tsun-Kyan-Kse. Warna   keempat kakinya berubah menjadi coklat tanah. Tetapi cakar yang diletakkan di atas tubuh tuannya tetap berwarna putih yang melambangkan kesucian.

Keesokan harinya, ratusan kucing yang hidup di kuil tersebut juga mempunyai warna yang sama dengan Sinh. Sinh tidak pernah meninggalkan altar pemujaan hingga saat kematiannya tujuh hari kemudian. Kemudian arwah Sinh membawa arwah tuannya menuju surga. Sejak saat itu bila ada seekor kucing kuil mati, dipercaya ada arwah seorang pendeta yang menemani arwah kucing tersebut di perjalanan alam akhirat. Pada titik ini legenda berakhir dan sejarah bermula.

Pada tahun 1919, dua orang berkebangsaan Perancis Auguste Pavie dan Gordon Russel, datang ke kuil untuk membantu para pendeta di kuil. Sebagai tanda terima kasih, para pendeta mengirimkan sepasang kucing birman. Sayangnya kucing jantan mati di perjalanan, tetapi kucing betina ternyata sedang bunting.

Ras birman awal, pada sekitar tahun 1925, berasal dari sepasang kucing bernama Orloff dan Xenia de Kaabaa. Ras ini mengalami kemunduran akibat resesi dan perang dunia ke dua. Hanya  satu pasang kucing yang berhasil selamat melewati masa-masa sulit tersebut.
Ras Birman mulai diakui di Ingris pada tahun 1966. Baru  pada tahun berikutnya Amerika mengakui ras ini, ketika CFA (Cat Fanciers Association) mengakui standarisasi ras tersebut. Dan kini kucing Birman dikenal sebagaisalah satu kucing tercantik di dunia.

Ciri Khas  Kucing BirmanKucing ras Birman adalah kucing berukuran sedang dengan berat badan kucing jantan 4-6 Kg. yang betina biasanya sedikit lebih kecil dibandingkan jantan. Birman hanya mempunyai warna mata biru.

Pola warna ras ini menyerupai ras Siam yang dikenal dengan istilah "Colour point" (warna gelap pada telinga, wajah, ekor dan keempat kaki) kecuali keempat telapak kaki dan cakar (paw) yang berwarna putih.  Badan tegap dengan panjang sedang, ditopang kaki yang kuat.  Kepala lebar dan bulat, pada hidung ada sedikit lekukan, sedangkan mata hampir bulat dan berwarna biru.  Telinga berukuran sedang dengan ujung melengkung.

Bulu leher dan ekor tumbuh sempurna, tebal dan halus.  Warna bulu badan lebih pucat dibandingkan warna point pada kedua telinga, muka, kaki dan ekor.  Yang membenadan dengan Ras Siam dan himalaya adalah warna putih pada keempat jari-jari kakinya.  Warna putih ini sebaiknya simetris, tidak melebihi batas pergelangan kaki. 
Birman mempunyai temperamen yang menyenangkan. Mereka relatif cerdas dan keterikatan pada pemiliknya sangat erat. Ras ini juga senang berada disekitar manusia. Kadang-kadang kucing ini juga terlihat sering menyesuaikan jadwalnya dengan pemiliknya. Kucing ini sering menunggu pemiliknya pulang ke rumah, "Just to say Hello as soon as you get home". 

------------------------------------------------- 

Kohana, Kucing Teraneh dan Langka

Kohana adalah salah satu spesies kucing gunung yang habitatnya berada di Kepulauan Hawai. Ciri fisik kucing ini sangatlah aneh/mengerikan, yups, seluruh tubuhnya tidak mempunyai bulu dan bentuk raut mukanya serem abis (liat tuh raut kepalanya mirip bentuk otak manusia)Menurut data yang ada, hanya ada 18 ekor kucing jenis ini yang masih exist di dunia.....ckckck.....




 -------------------------------------------------------------------------- 

Scottish Fold, Kucing Dengan Telinga Terlipat


Scottish Fold Cat, adalah jenis kucing dengan bentuk telinga yang berbeda dengan jenis kucing yang lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang terlipat. Kucing ini adalah hasil mutasi, yang membuat telinganya terlipat dan turun kedepan, membuat wajah kucing ini mirip seperti burung hantu (owl). Awalnya kucing ini disebut sebagai FLOPS, namun setelah secara sengaja dikembangbiakkan kemudian diberi nama Scottish Fold Cat, nama yang populer hingga sekarang.

Nenek moyang dari kucing ini adalah seekor kucing bernama Susie, yang lahir di Coupar Angus, Perthshire, Skotlandia, pada tahun 1961. Susie memiliki telinga terlipat, yang diturunkan pada sebagian anak kucing yang dilahirkannya. William Ross, penggemar kucing yang tinggal di wilayah peternakan tersebut kemudian mengembangbiakkan kucing jenis ini, dengan bantuan Pat Turner seorang ahli genetika. Dari pengembangbiakkan ini rata-rata didapat 55% kucing terlahir dengan telinga terlipat dan sisanya lahir dengan telinga normal. Kucing jenis ini saat terlahir, mempunyai telinga yang normal (lurus), barulah setelah tiga minggu tampak telinganya mulai terlipat. Sehingga pada awal kelahirannya belum dapat langsung diketahui apakah telinganya akan terlipat atau normal. Para penggemar kucing menyukai Scottish Fold, karena sifatnya yang jinak, lekat dengan majikannya, dan suka tidur dalam posisi telentang. Bila tidur telentang, terkadang kucing ini mendengkur seperti manusia. Anda bisa melihat aksinya yang lucu pada tayangan video berikut: 






-------------------------------------------------------------------- 

Ragdoll


Sejarah
Sejarah Ragdoll dimulai di California pada tahun 1963. Ann Baker, seorang pembiak kucing persia mempunyai kebiasaan meminjam kucing jantan hitam (bernama blackie) dari tetangganya (Mrs. Pennels). Blackie mempunyai fisik seperti kucing persia hitam yang dihasilkan dari induk berwarna putih yang bernama Josephine. Josephine adalah kucing dengan fisik seperti angora yang mempunyai panjang bulu medium.
Pada suatu ketika josephine tertabrak mobil dan terbaring di jalanan selama beberapa hari. Setalah ditemukan ia di bawa ke rumah sakit hewan dari perguruan tinggi setempat untuk diobati. Josephine kembali sehat tetapi kehilangan sebelah matanya. Setelah kembali ke rumah Mrs. Pennel Josephine kembali bunting dan menghasilkan anak, tetapi sifatnya berubah, menjadi lebih tenang dan lebih tahan sakit. Hal ini membuat Ann baker semakin tertarik pada Josephine.
Josephine juga mempunyai anak jantan lain dari ayah yang berbeda yang diberi nama Daddy Warbucks. Ann Baker juga sering meminjam kucing ini. Dari perkawinan silang ketiga kucing inilah (Blackie, Josephine & Daddy Warbucks) Ann Baker memperoleh Ras Ragdoll.
Ann Baker kemudian mendirikan sebuah organisasi khusus penggemar kucing ragdoll pada tahun 1971 yang masih berdiri hingga saat ini. Kemudian ada suami istri membeli sepasang Ragdoll dari IRCA dan bermaksud membuat standar dan “menstabilkan” sifat-sifat genetik Ragdoll agar dapat diterima oleh semua asosiasi penggemar kucing.
Dari sebuah program breeding dengan seleksi yang ketat akhirnya dihasilkan sifat-sifat standar Ragdoll. Kemudian didirikanlah organisasi Ragdoll Fanciers Club International (RFCI) yang bertujuan menyebarluaskan ras ini dan membuat aturan dan panduan bagi para pembiak Ragdoll.
Ciri Fisik & Sifat
Ada enam macam warna yang terdapat pada Ragdoll tetapi hanya empat warna yang diakui oleh kebanyakan asoasiasi penggemar kucing yaitu : seal , blue, chocolate dan, lilac sedangkan warna red dan cream tidak diakui oleh beberapa asosiasi. Semua warna tersebut membentuk 4 pola warna yang digolongkan menjadi : bi-color, van *, mitted dan point (solid, lynx, tortie). (* oleh beberapa asosiasi tidak diakui)
Ragdoll
(Dari kiri ke kanan) Pola warna mitted, bicolor dan point
Badan kucing yang besar didukung oleh badan berat, dada lebar serta bagian panggul yang besar. Seperti kucing berbadan besar lainnya, ragdoll dewasa pada umur tiga tahun. Betina biasanya lebih kecil dari jantan dengan berat rata-rata 5-7,5 kg, sedangkan jantan bisa mencapai berat 6-10 Kg atau lebih.
Ragdoll termasuk kucing berbadan besar dan jinak, mempunyai bulu medium-panjang dengan tekstur seperti bulu kelinci. Ragdoll akrab dengan manusia dan mudah beradaptasi. Dibandingkan Persia, ragdoll tidak memerlukan penyisiran bulu setiap hari.
Seperti ras Himalaya & Siam, Ragdoll adalah kucing dengan gen warna point. Pada saat lahir anak Ragdoll lahir berwarna putih, lalu perlahan-lahan warna-warna lain mulai muncul. Semakin dewasa kucing, warnanya akan semakin pekat. 
--------------------------------------------------------------- 

Exotic Shorthair





Sejarah
Akhir 50-an para breeder kucing American Shorthair (ASH) secara diam-diam mulai mengawinkan kucing ras Persia berwarna silver dengan dengan ASH. Perkawinan dengan ini bertujuan memperkaya genetik, memperbaiki bentuk dan tipe badan serta menghasilkan warna silver.
Hasil perkawinan tersebut berupa kucing American Shorthair dengan karakteristik persia. Kepala lebih bulat dan lebar, hidung lebih pesek, telinga lebih kecil, badan lebih padat dan lebar, bulu lebih lembut, tebal dan lebih panjang dari ASH. Penampilan ras hibrida tersebut sangat indah, tetapi tidak menunjukkan karakteristik ASH yang sebenarnya.
Pada tahun 1966, Jane Martinke, seorang Juri CFA (Cat Fanciers’ Association) dan juga seorang breeder ASH, mengajukan ras campuran Persia-ASH tersebut sebagai satu ras baru.
Pada awalnya ras tersebut mengundang banyak perdebatan dan penolakan. Para breeder persia menolak menjual kucing persia mereka pada penggemar exotic. Penggemar exotic bertahan dan mulai memperkuat gen bulu pendek dengan cara mengawinkan kucing mereka dengan ras Burmese, Russian Blue dan British Shorthair.
Setelah gen bulu pendek dominan kuat dan stabil, para breeder mengawinkan kembali dengan Persia untuk mendapatkan bentuk badan dan kepala persia. Tahun 1987 CFA hanya mengijinkan Exotic Shorthair dikawinkan dengan ras Persia. Perlahan-lahan Exotic Shorthair mulai menjadi populer. Persia dan Exotic Shorthair mempunyai standar yang sama kecuali dalam hal panjang bulu.
Exotic ShorthairBlue Exotic Shorthair

Karakteristik
Exotic Shorthair mempunyai sifat tenang dan anggun persia, tetapi lebih lincah dan aktif bila dibandingkan dengan persia biasa. Selalu ingin tahu dan bermain dan jarang mengeong. Ras ini termasuk kucing yang mandiri, tetapi lebih suka bila berada di sekitar pemiliknya. Perawatan kucing ini lebih mudah bila dibandingkan persia berbulu panjang yang harus disisir setiap hari. Oleh karena itu Exotic Shorthair sering disebut juga “Persian for Lazy People”.
Secara fisik, bentuk tubuh dan kepala Exotic Shorthair, identik dengan Persia. Warna dan pola warna serta warna mata juma sama seperti yang terdapat pada ras Persia. Satndar yang digunakan dalam Kontes juga sama. Satu-satunya perbedaan hanya pada panjang bulu.
Exotic Shorthair  

----------------------------------------------------------------- 

Angora

Sejarah
Orang awam sering menggunakan kata Angora untuk kucing berbulu panjang. Kesalahan ini mulai terjadi sekitar 250 tahun lalu. Pada saat itu kucing-kucing berbulu panjang banyak terdapat di sekitar kota Angora (sejak tahun 1930 disebut Ankara, Turki) dan Persia (Daerah timur perbatasan turki, sejak 1935 disebut Iran).
Saat itu tidak ada perbedaan besar antara kucing yang hidup di Angora/Ankara dengan Persia/Iran. Sejalan dengan banyaknya pedagang eropa yang berbisnis di timur tengah, semakin banyak kucing asal turki dan persia yang di impor ke benua eropa. Ketika kontes kucing (cat show) mulai diadakan di inggris pada tahun 1870, kategori kucing berbulu panjang sangat populer. Sejak saat itulah sifat-sifat genetik persia dan angora mulai berkembang menjadi lebih murni dan spesifik.
Bentuk tubuh yang besar, tebal, kepala bulat dan badan cobby identik dengan kucing persia. Sementara angora lebih langsing, panjang, lentur & luwes serta kepala berbentuk lancipn (segitiga).
Baru pada tahun 1962 kucing angora masuk secara resmi ke Amerika. Angora pertama kali diakui dan didaftar pada tahun 1973 oleh CFA (Cat Fanciers Association).
hitam putih
Ciri & Bentuk AngoraKucing ras angora mempunyai ukuran badan sedang, dengan gaya lemah gemulai dan anggun. Badan panjang, langsing, dengan kaki dan ekor panjang. Ekor berbulu tebal dan mengembang seperti ekor musang. Hidung mancung, keseluruhan kepala berbentuk seperti segi tiga, dengan telinga lebar.
angora
------------------------------------------------------------ 

Ras Kucing dan Variasinya

Ras Kucing & Variasinya

Kucing telah hidup bersama manusia melalui berbagai masa dan kebudayaan, tetapi baru beberapa ratus tahun terakhir ini diseleksi dan dikawinkan dengan tujuan untuk menghasilkan ras tertentu dengan genetik yang jelas dan pasti.
Dibandingkan anjing yang telah berevolusi lebih lama, dengan berbagai variasi ras, ukuran, bentuk dan karakter, variasi ras kucing lebih sempit . Tidak seperti anjing, variasi ukuran dan konformasi berbagai ras kucing tidak berbeda jauh.
Apa yang dimaksud dengan Pedigree ?Secara sederhana pedigree berarti silsilah. Kucing dengan pedigree (pedigreed cat) adalah kucing yang silsilahnya diketahui sampai beberapa generasi sebelumnya. Silsilah ini harus berupa catatan tertulis (sertifikat).
Seekor kucing persia murni bisa saja dikawinkan dengan kucing siam murni. Meskipun silisilah kedua kucing tersebut jelas, anak yang dihasilkan tidak dapat dinyatakan sebagai ras baru (Persian/Siamese) hingga anak yang dihasilkan mempunyai sifat-sifat yang jelas dan konsisten
Ras Kucing
Berdasarkan rambutnya, ras Kucing dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu rambut panjang (longhair), rambut pendek (shorthair) dan rambut sedang (semi-longhair). Berikut ini daftar ras kucing yang digolongkan berdasarkan panjang rambutnya :
Longhair :- Persia

Shorthair :
-
Exotic Shorthair
-
British Shorthair
- American Shorthair
- European Shorthair
- Chartreux
- Oriental Shorthair
-
Siamese- Snowshoe
- Seychellois
-
Abyssinian- Rusian Blue
- Korat
-
Burmese- Asian Group
-
Burmilla
- Bombay
-
Bengal- Tonkinese- Egyptian Mau
- Singapura
- Ocicat
- Japanese Bobtail
-
Manx- Cornish Rex
- Devon Rex
- Selkirk Rex
- American Curl
- Scottish Fold
- American Wirehair
-
Sphynx
Berikut ini beberapa ras kucing yang terbentuk karena mutasi genetik :
- American Bobtail
- American Curl
- American Wirehair
- Cornish Rex
- Cymric
- Devon Rex
- German Rex
- Japanese Bobtail
- Kurilian Bobtail
- LaPerm
-
Manx
- Munchkin
- Ojos Azules
- Peterbald
- Pixie-bob
- Selkirk Rex
- Scottish Fold
-
Sphynx
Ras kucing yang didapatkan dengan cara mengawinkan dengan kucing liar :
- Alpine Lynx
-
Bengal
- Chausie
- Desert Lynx
- Highland Lynx
- Jaguarundi Curl
- Savannah
- Serengeti
- Toyger

 ----------------------------------------------------






---------------------------------